Labbaikallaahumma Labbaik


Labbaikallaahumma Labbaik

                Kebanyakan orang sekarang mengagung-agungkan rasa bangganya apabila mampu pergi ke luar negeri. Mungkin hanya sebagian kecil yang masih menganggap itu adalah anugrah Allah SWT sehingga mereka mampu mengucapkan rasa syukur kepada-Nya. Namun sekarang banyak yang tidak menyadari bahwa ternyata ada yang namanya jalan-jalan beribadah. Nah itulah Umroh, Umroh merupakan jalan-jalannya umat islam.

Apasih Ibadah Umroh itu?

Ibadah Umroh adalah ibadah yang hampir mirip dengan haji atau disebut dengan haji kecil dilakukan boleh sewaktu-waktu baik setiap hari, bulan dan tahunan yang dilaksanakan di Masjidil Haram, Kota Suci Makkah Al-Mukarramah.

Rukun dan Wajib Umroh

Rukunnya :
   1.       Ihram (niat memulai umrah)
   2.       Thawaf
   3.       Sa’i

Wajibnya :
   1.       Melakukan ihram apabila hendak miqat
   2.       Bertahallul (mencukur sebagian rambut)

Sebelum menunaikan ibadah umroh sebaiknya para jamaah pria dan wanita diharapkan membawa perlengkapan umroh dengan lengkap, sebagian daripada perlengkapannya yaitu :

   1.       Kain Ihram/ Mukena(bagi wanita) 
   2.       Tas model diletakkan dipinggang yang berkantung
   3.       Sendal
   4.       Perlengkapan pakaian seperti baju, baju koko, celana dan lain-lain
   5.       Obat-obatan ataupun vitamin
   6.       Perlengkapan alat mandi
   7.       Jaket
   8.       Masker
   9.       Handphone

Biasanya banyak dari para jama’ah umroh terkejut dengan suasana keadaan disana, mereka  merasa letih sehingga banyak yang jatuh sakit dan pingsan, padahal ini adalah momen yang amat berharga mampu datang ke masjidil haram. Tetapi jangan kawatir semua permasalahan pasti ada solusinya, kita harus mempersiapkan diri kita agar maksimal dalam mengerjakan ibadah, ada beberapa persiapan umroh yang harus kita latih sebelum menunaikan ibadah umroh, diantaranya :

   1.      Mantapkan niat dengan penuh keikhlasan, sebab ikhlas mampu memperkuat semangat kita.
   2.      Selalu bertaubat terhadap apa yang pernah kita kerjakan, sebab diantara faktor-faktor malas beribadah        adalah banyaknya dosa yang pernah kita lakukan baik yang zahir maupun yang batin.
   3.     Melatih diri memperbuat amalan sunah tambahan, sehingga membuat kita terbiasa dengan nikmatnya              banyak beribadah kepada Allah SWT.
   4.      Pergi cek kesehatan ke dokter, untuk memastikan kebugaran dan kesehatan jasmani kita.
   5.      Selalu kontrol makanan dan minuman kita. Ditambah dengan asupan multivitamin yang cukup sehingga          menyehatkan badan.
   6.      Berolahraga pagi lebih diutamakan dengan berlari-lari agar terbiasa didalam mengerjakan sa’i.

Saya menyarankan kepada semua jamaah yang ingin berangkat umroh untuk selektif dalam memilih travel, supaya menghindari keinginan yang tidak diharapkan. Ada beberapa tips umroh yang harus anda lakukan sebelum pergi, seperti :

   1.       Pilihlah travel yang terbaik untuk memastikan perjalanan anda.
   2.       Pastikan travel tersebut terdaftar di Kemenag ( Kementrian Agama ).
   3.       Selektif memilih paket umroh dan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan.
   4.       Pastikan travel tersebut memiliki jadwal keberangkatan yang pasti.

Tetapi Jangan ragu jangan risau, pilihlah travel abutours, karena travel abutours adalah travel yang terdaftar dan resmi di Kementrian Agama dan sudah banyak mengirimkan jamaah untuk melaksanakan umroh. Keempat-empat tips diatas sudah melekat pada travel satu ini. Sehingga banyak masyarakat yang senang bekerjasama dengan abutours dalam rangka melaksanakan ibadah umroh. Nah yang terpenting lagi, katanya sekarang umroh mahal ya? Jawab, Siapa bilang? Kan abutours travel umroh menyediakan umroh murah, gak tau ya?. Silahkan klik abutours untuk memastikan berapa harga paketnya. Disaat ada kesulitan maka Allah akan berikan kemudahan, namun kemudahan tersebut akan diberikan kepada hamba-hambaNya yang selalu beribadah kepadaNya siang dan malam hanya berharap agar Allah ridha kepada hamba tersebut. Semoga yang sudah pernah umroh saling mendoakan saudara-saudaranya agar mereka diberikan kelapangan mampu pergi ke baitullah, Aamiin....

Dari Abu Hurairah r.a ia berkata, Rasulullah SAW bersabda orang yang menunaikan haji dan orang yang menunaikan umroh adalah utusan Allah swt, apabila mereka berdoa kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya dan apabila mereka meminta ampunan kepada Allah, maka Allah SWT akan mengampuninya. (HR. Ibnu Majjah)

Dari Abu hurairah r.a ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda satu umroh dengan umroh lainnya menjadi kafarah (penghapus dosa yang dikerjakan) diantara keduanya. (HR. Muttafaqun ‘alaih).

5 Responses to "Labbaikallaahumma Labbaik"

  1. Klu mau dftar umrohny dimna min? Brp hrgnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lihat langsung di link abutours langsung,, tinggal klik saja yang ada tagar #LebihDariSekedarNikmatnyaIbadah #SemuaBisaUmroh

      Delete
  2. Assalamualaikm, klo blh tau ada brp pket ya umrohnya? Dn brpa harga/paketny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lihat langsung di link abutours langsung,, tinggal klik saja yang ada tagar #LebihDariSekedarNikmatnyaIbadah #SemuaBisaUmroh bisa langsung tanyakan kepada operatorny ya :)

      Delete
  3. Yang sudah pernah umrah, doakan kmi yaa agar diberi kemudahan

    ReplyDelete