Gotong Royong Tonggak Lahirnya Keberhasilan


       Setiap jiwa itu memiliki cerminan hidupnya masing-masing. Orang yang cerdas tentu memilih yang terbaik bagi dirinya dan begitu juga sebaliknya. Pancasila adalah sebagai cermin kehidupan yang wajib ada di setiap jiwa generasi bangsa Indonesia dan sebagai pedoman berbangsa negara yang dijadikan tolak ukur untuk melihat kepribadian seseorang.

Sebagai warga negara yang bijaksana pasti menjadikan pancasila sebagai pedoman dalam bermasyarakat dan bernegara. Gotong royong adalah salah satu cara yang paling mencerminkan nilai-nilai pancasila. Dengan bergotong royonglah kita dapat berkumpul bersama dengan saudara-saudara seiman maupun sebangsa, dan cara bergotong royong inilah cara para pejuang memerdekaan negara ini dari para penjajah.

Gotong royong harus menjadi sorotan pemerintah untuk digalakkan di seluruh daerah Indonesia. Seperti yang kita lihat saat ini globalisasi membuat masyarakat mulai bersifat apatis baik kalangan tua maupun muda. Tak terpungkiri hingga anak-anak dibawah sepuluh tahun sudah terbiasa menggunakan gadget. Kalau ini terus dibiarkan sikap nasionalisme akan musnah termakan arus gelombang globalisasi dan kebersamaan tidak ada lagi dalam hati masyarakat.

Dalam memperingati Festival HAM 2016 ini merupakan bahan renungan bagi kita semua, sudah berapa banyakkah kita berbuat untuk negara ini? Sudah berapa banyakkah kita membantu bangsa ini dalam menghadapi rintangan? Akankah kita hanya berpangku tangan? Sadarlah wahai saudaraku, saat ini kita sedang dijajah dengan kejahatan teknologi, pelanggaran HAM terjadi dimana-mana, saudara-saudara kita menjadi mangsa kebiadaban pelaku pelecehan seksual yang asalnya tidak lain dan tidak bukan berasal dari kejahatan teknologi, tatanan masyarakat mulai sirna dan disingkirkan, pikirkanlah wahai saudaraku! Jangan sampai kita hanya menjadi penonton dari arus globalisasi ini! Berbagi tugaslah, dan ambil peran sesuai bakat yang kita miliki untuk memajukan negeri ini.

Maka peran keluarga sangatlah utama bagi perkembangan bangsa ini. Mulailah ambil sikap gotong royong dari hal terkecil mungkin seperti saling bekerjasama dalam membersihkan rumah, membantu tetangga dan sebagainya maka akan lahir sikap nasionalisme di hati masing-masing anggota keluarga. Jangan remehkan pergerakan kecil, kalau bagian kecil saja tidak mampu kita laksanakan bagaimana mau menggerakkan negara yang besar ini?. Ditambah dengan dukungan pemerintah memberikan sosialisasi disetiap elemen masyarakat dan bertindak tegas terhadap perusak moral akibat dari dampak negatif perkembangan globalisasi. Apabila gotong royong sudah digalakkan maka yakinlah dengan pertolongan Allah maka keberhasilan akan diraih oleh negara Indonesia. Pertumbuhan ekonominya pun akan terus meningkat, kepercayaan makin erat, dan kebersamaan dalam perbedaan menjadi sangat harmonis.


Ayo bangkit! Jangan menyerah! Walaupun kita telah banyak kalah dari bangsa lain apakah tak pernah terpikir oleh kita untuk berusaha berbalik menyaingi mereka? Oleh karena itu janganlah merasa minder akan kekurangan, tanamkan nilai-nilai pancasila didalam dirimu agar kamu berhasil dikemudian hari.

0 Response to "Gotong Royong Tonggak Lahirnya Keberhasilan"

Post a Comment