Laporan Praktikum Penanaman Gulma #BAB I Pendahuluan


Laporan Praktikum Penanaman Gulma #BAB I Pendahuluan

BAB I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
            Gulma merupakan tumbuhan yang dapat mengganggu, merugikan dan sedikit sekali manfaat yang ditimbulkan olehnya. Berbagai pengertian gulma yang telah diartikan oleh para ahli, rata-rata dari mereka menyatakan bahwa gulma dapat merugikan sekelilingnya baik tanaman ataupun manusia. Gulma tidak hanya bersaing diatas permukaan tanah, dibawah tanah gulma juga melakukan persaingan dengan tanaman-tanaman-tanaman disekelilingnya. Biasanya gulma memiliki karakteristik cepat tumbuh, berkembang biak mudah, dan dapat menyesuaikan diri dengan mudah terhadap lingkungannya.
Keberadaan gulma masih menjadi kendala, terutama dibidang pertanian dan perkebunan. Gulma yang tumbuh pada kondisi, tempat, dan waktu yang tak diinginkan, dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya. Ini sangat membahayakan karena dapat menghalangi dan menurunkannya sasaran produksi tanaman pertanian atau sebagainya. Berbagai usaha manusia dalam mengatasi laju pertumbuhan gulma adalah dengan memberantas dan mengendalikannya.
            Pengendalian yang tepat sangat perlu dilakukan oleh manusia agar tidak terjadi efek samping terhadap lingkungan di sekitarnya. Maka perlu terlebih dahulu untuk mengamati periode pertumbuhan gulma dan karakteristik gulma tersebut. Pengamatan dapat dilakukan dengan mengambil bibit gulma sebagai sampel, kemudian menanamnya di media tanam dan diamati setiap pertumbuhan dan perkembangannya. Biasanya parameter yang diukur adalah tinggi, diameter batang dan jumlah daun gulma.

1.2. Tujuan Praktikum
            Tujuan dilakukannya praktikum ini adalah untuk mengetahui jenis gulma serta pertumbuhan gulma tersebut.

BAB I PENDAHULUAN
BAB II TINJAUAN PUSTAKA (Hanya Dapusnya Saja)
BAB III METODE PENELITIAN
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
BAB V KESIMPULAN & DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN

0 Response to "Laporan Praktikum Penanaman Gulma #BAB I Pendahuluan"

Post a Comment