Laporan Praktikum POTENSI ALELOPATI GULMA DAN TANAMAN TAHUNAN PADA PERTUMBUHAN TEKI (Cyperus rotundus) #BAB 1 Pendahuluan

Laporan Praktikum POTENSI ALELOPATI GULMA DAN TANAMAN TAHUNAN PADA PERTUMBUHAN TEKI (Cyperus rotundus) #BAB 1 Pendahuluan

BAB I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
            Gulma merupakan tumbuhan yang dapat mengganggu, merugikan dan sedikit sekali manfaat yang ditimbulkan olehnya. Berbagai pengertian gulma yang telah diartikan oleh para ahli, rata-rata dari mereka menyatakan bahwa gulma dapat merugikan sekelilingnya baik tanaman ataupun manusia. Gulma tidak hanya bersaing diatas permukaan tanah, dibawah tanah gulma juga melakukan persaingan dengan tanaman-tanaman-tanaman disekelilingnya. Ini sangat membahayakan karena dapat menghambat serta menghalangi pertumbuhan tanaman dan tercapainya sasaran produksi tanaman pertanian atau sebagainya.
            Saat ini, keberadaan gulma masih menjadi kendala, terutama dibidang pertanian dan perkebunan. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi, sekarang banyak ditemukan cara pengelolaan gulma baik dengan memberantasnya ataupun mengolahnya dengan memanfaatkan zat atau kandungan yang terdapat didalam gulma tersebut. Ditemukannya herbisida sintetik sangat cepat memberantas kebedaraan gulma, namun penggunaan yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kondisi tanah rusak dan terjadinya pencemaran lingkungan. Maka dari itu, teknik pengendalian gulma ramah lingkungan sangat diperlukan.
            Pemanfaatan herbisida alami dapat menjadi solusi daripada pengendalian gulma ramah lingkungan. Telah ditemukan bahwa senyawa alelokimia pada tanaman ilalang, kirinyuh dan babadotan dapat mempengaruhi pertumbuhan gulma lainnya terutama gulma teki-tekian. Untuk mendapatkan senyawa alelokimia, diperlukan ekstrak pada tanaman tersebut dengan berbagai cara yang akan dijelaskan pada praktikum ini. Diharapkan bahwa dengan pemanfaatan ekstrak gulma kirinyuh, babadotan dan ilalang dapat meredam pengendalian terhadap gulma teki yang selalu mengganggu para petani. Selain harganya yang murah, pembuatan ekstrak gulma ini dapat dikatakan mudah, sehingga petani tidak perlu membeli pestisida sintetis yang tergolong mahal.


1.2. Tujuan Praktikum
            Tujuan dilakukannya praktikum ini adalah untuk mengetahui pengaruh alelopati dari beberapa ekstrak gulma dan ekstrak tanaman tahunan terhadap gulma teki.

BAB I Pendahuluan
BAB II Tinjauan Pustaka (Hanya Daftar Pustaka)
BAB III Metode Praktikum
BAB IV Hasil dan Pembahasan
BAB V Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka, dan Lampiran

0 Response to "Laporan Praktikum POTENSI ALELOPATI GULMA DAN TANAMAN TAHUNAN PADA PERTUMBUHAN TEKI (Cyperus rotundus) #BAB 1 Pendahuluan"

Post a Comment