Pemuda sebagai tonggak kebangkitan negara Pidato Pembangkit Semangat Terlengkap

Pemuda Sebagai
Tonggak Kebangkitan Negara

Pengertian masalah menurut wikepedia adalah " Kata yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan yang bersumber dari hubungan antara dua faktor atau lebih yang menghasilkan situasi yang membingungkan. " . Dapat diartikan bahwa masalah adalah suatu keadaan yang terjadi sehingga timbul suatu upaya untuk menyelesaikan. Banyak orang beranggapan bahwa kata "masalah" adalah suatu perkara yang negatif, padahal setiap yang janggal terhadap kehidupan merupakan masalah. Misalnya seseorang bertanya pada temannya, apakah gunung itu? mengapa kita harus membaca? apa pengaruh politik bagi rakyat?, itu semua merupakan masalah tetapi tidak bersifat negatif.

Masalah tidak hanya terjadi diantara individu, bahkan mampu menjurus ke negara.
Dalam pidato presiden di gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). Ia mengatakan bahwa Indonesia mengalami masalah yang utama yaitu perekonomian nasional yang menurun. Masalah yang kedua adalah miskinnya tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dari kedua masalah yang disebutkan diatas, rakyat melihat keadaan Indonesia yang terjadi saat ini. Perekonomian  nasional menurun menyebabkan tingkat kemiskinan yang amat besar. Banyaknya PHK oleh perusahaan-perusahaan yang bangkrut sehingga menimbulkan pengangguran. Bahkan pada tahun 2014 tingkat pengangguran rakyat menembus angka 7,2 juta jiwa. Dengan masalah kemiskinan tersebut terjadilah hubungan persaudaraan dengan minimnya pendidikan rakyat Indonesia. Pendidikan yang mahal menjadi kendala bagi setiap bangsa Indonesia. Bahkan sebagian pemikiran masyarakat Indonesia untuk mendapatkan mutu pendidikan yang lebih baik serta pendidikan internasional, maka mereka harus memasukkan anak-anaknya ke sekolah yang bertaraf internasional dan ini membutuhkan ekonomi yang besar. Walaupun pemerintah telah mengupayakan pendidikan nasional yang baik, tetapi sebagian rakyat di desa-desa pedalaman dikarenakan terbatasnya ekonomi, mereka hanya mampu belajar dengan fasilitas yang terbatas. 
Tidak hanya menimbulkan minimnya pendidikan bagi rakyat, tetapi juga menimbulkan tingkat kejahatan dilingkungan masyarakat seperti prostitusi yang meraja lela, turunnya tatanan kehidupan bermasyarakat, turunnya moral masyarakat, dll. Masalah ini bukan hanya disebabkan oleh ekonomi tetapi juga didukung oleh keadaan teknologi(media). Mudahnya mengakses konten pornografi sangat menimbulkan kekacauan berat bagi kelangsungan masyarakat Indonesia terutama bagi pemuda Indonesia.

Apakah dengan masalah-masalah ini kita hanya bisa melotot termenung untuk meratapi nasib bangsa ini? Adakah kesadaran dalam diri kita untuk mengubah sikap dan kepedulian kita, untuk Indonesia yang lebih maju? Akankah pemuda Indonesia sadar bahwa tawurannya itu adalah hal yang amat merugikan bahkan menghancurkan generasi yang akan datang?

Presiden Soekarnoe dalam pidatonya mengeluarkan kalimat yang amat bijak "Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia".
Sadarlah, bahwa bangsa kita ini sedang menghadapi kejamnya politik media. Mereka membolak-balikkan fakta dan menghancurkan akal sehat kita. Hingga kita tak tersadar bahwa kita sedang diracun oleh mereka yang tak bertanggung jawab.
Begitu hebatnya pengaruh serta peran pemuda terhadap dunia. Sebagai pemuda, patut bagi kita untuk mewarnai negeri ini dengan kecerahan dan jangan terkecoh akan budaya hitam. Pemudalah yang bertanggung jawab untuk hari esok. Merubah Indonesia dengan penuh warna.
Tak semudah membalikkan telapak tangan untuk mengubahnya. Apa yang harus kita lakukan? Banyak cara yang harus diperjuangkan untuk mendapatkan hasil, diantaranya :
1.     Tanamkan Iman dan Pengetahuan didalam diri, karena Iman dan Pengetahuan lah yang merupakan komponen terpenting. Penyebab utama dari semua permasalahan dikarenakan lunturnya dua komponen tersebut.
2.      Ajaklah bekerja sama diantara masyarakat.
3.      Bentuk atau ciptakanlah apa yang bermanfaat bagi masyarakat.
4.      Dukungan pemerintah.

Iringi doa disetiap langkah dan usaha yang kita buat
Ayo! kita adalah tonggak kebangkitan! Indonesia is our destiny.


0 Response to "Pemuda sebagai tonggak kebangkitan negara Pidato Pembangkit Semangat Terlengkap"

Post a Comment